Ukuran Kamar yang Ideal untuk Anak Tersayang

Memberikan kamar yang nyaman untuk anak adalah impian setiap orang tua. Bila Anda sedang merencanakannya namun masih bingung akan membuat ukuran berapa dan seperti apa, Anda pasti butuh referensinya. Untuk kamar anak Anda tidak perlu space yang terlalu besar karena hanya akan diisi dengan single bed dan sedikit furniture. Oleh karena itu, bila hanya punya lahan yang sempit, Anda tidak usah khawatir karena bisa membuatnya minimalis. Walaupun dengan ukuran yang minimalis, Anda tetap bisa membuatnya menjadi luar biasa dengan mendesignnya sebaik mungkin.


Ukuran Kamar Ideal Untuk Anak Dan Beberapa Model Refrensinya

Ukuran ideal kamar anak yang paling sering digunakan adalah 3 x 3 yang sudah terbilang cukup dan sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki lahan minimalis. Kenyamanan sebuah kamar tidak hanya bergantung pada seberapa besar ukurannya, namun dinilai juga dari cara menatanya. Memiliki ruang yang besar namun tidak pandai memanfaatkan dan mengaturnya tentu saja tidak akan memberikan kenyamanan.

Bila Anda masih bingung akan dibuat seperti apa ukuran kamar 3 x 3 ini, ada beberapa design yang bisa Anda jadikan referensi seperti berikut ini:

1. Kamar dengan niche

Bagi sebagian orang mungkin istilah niche ini masih belum familiar. Niche adalah sudut yang letaknya agak menjorok ke bagian dalam. Dengan adanya niche ini Anda dapat menata kamar dengan lebih baik karena bagian tersebut bisa digunakan untuk meletakkan tempat tidur ataupun tempat belajar. Dengan design sedemikian rupa, kamar pasti akan terlihat lebih luas dan di bagian lainnya Anda dapat meletakkan lemari ataupun perkakas lain yang dibutuhkan.

2. Kamar dengan jendela besar

Untuk memberikan kamar ideal yang nyaman, Anda juga harus tahu beberapa trik dalam pemilihan jendela. Jika kamar 3 x 3 terlihat terlalu sempit, Anda dapat menggunakan trik dengan memasang jendela berukuran besar. Dengan adanya jendela yang besar, sinar matahari yang masuk juga akan semakin banyak sehingga kamar terlihat lebih terang. Pencahayaan yang cukup akan membuat kamar yang sempit menjadi terlihat lebih luas dan berkesan kamar akan menyatu dengan halaman depan.

3. Kamar dengan cermin besar

Cara lain untuk membuat kamar berukuran 3 x 3 menjadi tampak lebih luas adalah dengan menambahkan cermin besar. Seperti yang kita tahu, cermin adalah salah satu benda yang penting di dalam kamar untuk bercermin saat berdandan atau memakai baju. Tapi selain itu kegunaan lainnya adalah membuat tampilan kamar lebih besar. Caranya adalah dengan memasang cermin yang ukurannya besar dinding yang ditempel di dinding ataupun lemari baju.

4. Kamar dengan furniture multifungsi

Mendesign kamar yang ideal dan simple bisa dijadikan ide untuk kamar anak yang terkesan minimalis. Satu hal yang perlu diingat adalah tidak perlu meletakkan furniture yang terlalu banyak dan membuat kamar menjadi sempit dan sumpek. Pilihan lain yang bisa dijadikan ide adalah menggunakan furniture multifungsi. Contoh furniturenya seperti tempat tidur yang mempunyai rak di bagian headboard atau laci di bagian bawah tempat tidur untuk menyimpan barang dan menghemat ruang tentu saja.

5. Kamar dengan lantai tambahan

Ini merupakan ide yang sangat brilliant agar kamar kecil bisa muat banyak benda yaitu dengan membuat lantai tambahan. Yang dimaksud adalah dengan meletakkan tempat tidur di atas papan yang cukup tinggi dan menggunakan tangga untuk menaikinya. Sedangkan bagian bawah bisa dimanfaatkan untuk meletakkan almari atau sebagai tempat belajar. Design ini pasti akan terlihat unik dan menginspirasi.

Terbukti bukan bila ukuran kamar 3 x 3 bukanlah halangan untuk mendapatkan kenyamanan dan cukup ideal untuk dijadikan kamar anak. Semua contoh design diatas dapat Anda jadikan referensi dan pilih yang paling sesuai. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan membuat kamar ideal untuk anak tersayang.