Kapan Rumah Murah 2019 di Tawarkan Oleh Pemerintah? Awas Kehabisan!

Program rumah murah bersubsidi yang dicanangkan pemerintah belakangan ini, adalah salah satu solusi atau program bantuan bagi keluarga yang memiliki perekonomian menengah. Kesempatan untuk mereka memiliki rumah tinggal sendiri bisa terwujud dengan bantuan subsidi dari pemerintah Indonesia yang diberikan dalam bentuk subsidi pemilikan rumah. Untuk Anda yang berminat untuk mendapatkan salah satu dari rumah bersubsidi, segeralah mendaftar karena jumlah dan kesempatan cukup terbatas. Di setiap kota, akan diberikan kuota tertentu untuk subsidi rumah.


Syarat Mendapatkan Rumah Murah 2019

Sejak awal tahun 2019, berbagai pengembang telah meluncurkan produk rumah murah bersubsidi sebagai aplikasi dari program pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan papan. Sejak beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia memang memberikan perhatian khusus mengenai kebutuhan akan rumah oleh sebagian penduduk kelas menengah. Mereka mencoba memfasilitasi agar keluarga menengah ini bisa memiliki rumah sendiri. Namun, untuk bisa mendapatkan rumah murah bersubsidi ini, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan. Diantaranya adalah :

1. Rumah yang dibeli benar-benar rumah pertama

Syarat untuk mendapatkan rumah murah bersubsidi ini adalah bahwa Anda memang belum pernah memiliki rumah sebelumnya. Hal ini berarti bahwa Anda sebelumnya masih tinggal bersama orang tua atau masih mengontrak rumah. Selain itu, jika diketahui rumah murah ini adalah rumah kedua atau sebagai bentuk investasi, sudah bisa dipastikan Anda pasti gagal mendapatkannya.

2. Penghasilan tidak boleh lebih dari Rp 4 juta

Syarat kedua adalah bahwa Anda tidak berpenghasilan lebih dari Rp 4 juta. Keterangan penghasilan ini ditunjukkan dengan slip gaji jika Anda seorang karyawan, atau dengan menunjukkan rekening tabungan selama tiga bukan terakhir jika Anda seorang wiraswasta.

3. Membayar uang muka

Jika telah menemukan rumah murah yang cocok dan sesuai dengan kemampuan membayar, Anda bisa langsung mempersiapkan uang muka rumah tersebut. Harga rumah murah bersubsidi ditetapkan sekitar kurang lebih Rp 140 juta. Dengan demikian, Anda harus mempersiapkan uang muka sebesar Rp 7,5 juta. Angsuran per bulannya adalah sekitar Rp 893 ribu selama 20 tahun.

4. Pengajuan Kredit pada Lembaga Keuangan

Syarat yang keempat adalah memastikan bahwa Anda benar-benar belum pernah memiliki history atau mendapatkan fasilitas kredit KPR. Sistem perbankan di Indonesia telah memiliki jaringan yang saling berkaitan antara satu bank dengan bank yang lain. Jika Anda pernah memiliki kredit, nama Anda akan muncul dalam BI Checking

Tahun 2019, pemerintah Indonesia telah mengucurkan dana subsidi untuk membantu masyarakat memiliki rumah pribadi. Hal ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah terhadap rakyat Indonesia. Untuk Anda yang ingin segera memiliki rumah pribadi, program ini sangatlah bermanfaat. Segera cari developer rumah bersubsidi di sekitar tempat tinggal Anda, dan lakukan pendaftaran. Rumah murah bersubsidi disediakan dalam jumlah terbatas, oleh sebab itu Anda harus segera mendaftar sebelum kehabisan.