Tips Jitu Menabung Untuk Membeli Rumah bagi yang Sulit Mengatur Keuangan

Bagi sebagian orang, memiliki sebuah rumah adalah impian yang harus diwujudkan dengan usaha yang sangat keras. Salah satu cara untuk bisa mewujudkan impian tersebut adalah dengan menabung uang sejak dini. Namun, kebutuhan hidup sehari-hari dan juga keperluan lain yang mungkin datang dengan tiba-tiba, bisa menjadi penghalang atau hambatan untuk menyisihkan uang yang sudah hendak ditabungkan. Untuk Anda yang memiliki kesulitan menabung, Anda perlu memperhatikan tips jitu menabung kemudian bisa dipraktekkan di rumah.


Cara Jitu Belajar Menabung Agar Bisa Membeli Rumah

Anda tidak akan seterusnya hidup bersama orang tua. Ada waktunya Anda dituntut untuk belajar mandiri dan tentu saja memiliki keluarga dan rumah pribadi. Mau tidak mau, Anda akan belajar untuk menabung dengan sendirinya. Jika sampai saat ini Anda masih merasa kesulitan mengatur keuangan, silahkan coba cara di bawah ini.

1. Tentukan Target Jumlah Tabungan dan Harga Rumah

Pastikan Anda memiliki target untuk membeli atau memiliki sebuah rumah, lengkap dengan harga rumah, perkiraan tahun berapa harus sudah memiliki rumah, dan nilai tabungan yang harus Anda pastikan terpenuhi. Target ini harus Anda jaga dengan ketat agar setiap bulan nilai tabungan Anda selalu mencapai target. Anda membutuhkan komitmen yang tinggi untuk bisa memenuhi target tabungan ini.

2. Hidup Hemat dan Atur Pengeluaran Keuangan dengan ketat

Ubahlah pola pemikiran dan gaya hidup konsumtif. Tanamkan pemahaman diri bahwa gaya hidup yang demikian itu tidaklah memiliki manfaat kecuali kesenangan semata. Jangan sampai Anda menyesal ketika telah berusia diatas 40 tahun namun belum juga memiliki sebuah rumah. Tidakkah akan sangat merepotkan jika di usia seperti itu masih harus mengontrak rumah sana-sini sembari memboyong anak-istri?

3. Menabung dalam bentuk selain uang

Jika Anda merasa khawatir akan membobol tabungan suatu saat karena satu dan lain hal, maka lebih baik memilih investasi atau tabungan yang bentuknya bukan uang. Anda bisa mengalokasikannya ke dalam bentuk emas, deposito berjangka, reksa dana ataupun investasi pada tanah kavling. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, sebaiknya Anda mempelajari dan memahami dengan jelas mengenai jenis investasi yang akan dipilih.

4. Minta bantuan keluarga untuk mengontrol pengeluaran

Libatkan keluarga lain seperti ayah atau ibu jika Anda berniat untuk menabung agar bisa membeli rumah. Sedikit banyak mereka akan membantu mengontrol jika dirasa Anda mulai mendekati pola hidup konsumtif. Terkadang Anda sendiri mungkin tidak menyadari banyak pengeluaran yang tidak penting. Di sinilah peran keluarga yang akan menjadi pengingat Anda.

Semua orang pasti berkeinginan untuk memiliki rumah sendiri dari hasil menabung. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa menabung memang sulit untuk dilakukan. Oleh sebab itu, banyak cara untuk bisa memaksa atau membudidayakan menabung bagi Anda yang merasa sulit mengatur keuangan. Tips di atas bisa Anda coba praktekan.